Warnain ke salon atau sendiri?

Setelah memutuskan bisa menerima semua dampak perubahan dari ngewarnain rambut, langkah berikutnya adalah warnain, ke salon atau mendingan sendiri aja di rumah ya? Kalo mau simple dan cepet jawabannya ya pasti salon. Tapi salon pun mesti milih-milih. Rambut kadang di perlakukan paling semena-mena dari pada bagian tubuh lain. Contohnya gue dulu males banget yang namanya pake conditioner, creambath aja intensitasnya semesteran, itu kalau inget. Sisir? Milihnya juga asal-asalan, pakenya grasak grusuk, gitu juga sama iket rambut, jepit, hair dryer, dll.

Kalo Cuma untuk ngewarnain rambut sekali ato dua kali soal budget antara salon dan ngelakuin sendiri gak jauh beda (bleaching and coloring). Kalo gitu kenapa gak salon aja terus? Karena kalo terus-terusan baru berasa bedanya. Gue memutuskan untuk bleaching dan warnain sendiri karna gue uda ngerasa yakin dan mengerti kalo gue bisa ngerjain sendiri (walaupun hasilnya selalu mengejutkan). Gue uda tau proses ngewarnain rambut di salon gimana dan gue rasa bisa ngelakuin sendiri (ato di bantu temen) di rumah. Kalo cuma pingin warnain warna rambut yang instan dan di jual di toko-toko, ya sendiri aja, caranya gampang, konsekuensinya paling warnanya gak keluar karena gak di bleaching (Oh rambut hitam Asia). Warna-warna yang gue mau kadang gak tersedia di salon, obat, vitamin, dan shampoo yang salonnya pake pun kadang gak cocok sama rambut gue (ini gampang si, sisa bawa aja sendiri dari rumah dan minta kesalonnya biar di pake). Tapi kalo semuanya bawa sendiri dari rumah, ya kenapa gak di rumah aja. Alternative lainnya adalah cari orang salon yang bisa ke rumah, ini juga jauh lebih murah dari pada langsung warnain ke salon.

Sekali lo beli alat dan bahan untuk ngewarnain, itu bisa di pake berkali-kali sampai habis. Awalnya memang keliatan budgetnya sama kayak ke salon, tapi setelah itu gue cuma butuh beli warna-warna yang gue mau ato yang udah abis. Perlu di inget juga, rooting (ngewarnain akar) perlu di lakukan 2-3 bulan sekali,nebelin warna biar keliatan bagus lagi juga necessary, dan ini bisa make bahan-bahan yang masih sisa dari ngewarnain karena gue ngewarnain sendiri di rumah.
Jadi ngewarnain sendiri bisa menghemat budget, tapi hasilnya gak bisa di prediksi. Sedangkan kalau mau aman, sesuai keinginan pilihlah salon. Tapi salon juga mesti milih-milih. Milih salon gimana?

Pertama yang gue pastiin sebelum milih salon adalah gue harus udah ada gambaran jelas model dan warna rambut yang gue mau (Foto/gambar sendiri). Karna kalau ngejelasin secara verbal bisa menghasilkan interpretasi yang berbeda-beda. Tanya kesana kemari tentang salon yang udah berpengalaman ngewarnain rambut juga gak ada salahnya, pengalaman pelanggan itu lebih nyata dari pada iklan-iklan yang ada. Setelah kira-kira tau mau di salon mana, pastiin dulu dengan konsultasi secara meyakinkan. Kalo gue disini biasanya ngeluangin waktu extra cuma untuk konsultasi sama orang salonnya, gue mau pastiin bahwa gue bukan kelinci percobaan mereka buat main warna-warnaan. Jangan salah ya, banyak salon yang selalu ngegampangin dan iya in permintaan pelanggan, soal hasil belom tentu warna yang bener-bener diinginkan. Jadi gue saranin banget konsultasi, apa salonnya punya warna yang diinginkan atau salonnya mau pesen warna yang tepat, pake obat apa aja (liat guide ngewarnain rambut gue), dan budget-nya berapa (ini hal yang paling susah). Jawaban standard tentang budget adalah tergantung panjang rambut dan bahan-bahan yang di gunakan, ya semua juga tau, tapi gue gak mau masuk salon dengan keinginan ngeluarin sebanyak A eh tiba-tiba mesti bayar AAAA. Jadilah penanya yang kritis dari budget sampe bahan yang di pake, kalo gue gak asal-asalan dengan rambut gue, pihak lain pun gak bakal berani asal-asalan. Untuk warna rambut yang susah (butuh bleaching beberapa kali) pastiin juga berapa kali mesti ke salon. Setelah itupun masih ada service yang bakal mereka kasih untuk maintenance rambut dan warnanya ato enggak (Ex. Rooting, kapan mesti balik lagi, budgetnya). Kalo beruntung, bisa nemuin salon dengan paket-paket sampai ke maintenance-nya juga, schedule dan harganya jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *